SEJARAH CHUN LIK SHE (CLS)

CLS : Klub Bola Basket asal kota Surabaya yang memiliki Sejarah Panjang di kancah Basket Indonesia

Chun Lik She ( Baca : Cun Li Se), yang Artinya adalah Perkumpulan yang di dasari oleh kekuatan bersama. Itulah sebenarnya nama  asli dari CLS, sebuah klub bola basket yang di dirikan oleh yayasan yang mayoritas terdiri dari orang-orang keturunan etnis Tionghoa di Surabaya, Propinsi Jawa Timur.  Akan tetapi, pada jaman Orde Baru di larangnya pengunaan nama organisasi dengan mengunakan bahasa Mandarin atau bahasa lain, maka nama tersebut di rubah menjadi Cahaya Lestari Surabaya (CLS).

CLS di dirikan pada bulan Februari tahun 1946, sebagai sebuah para penggemar bola basket, yang berawal dari sebuah rutinitas di sekolah.  Tiga tahun kemudian tepatnya pada tahun 1949, Yayasan CLS berhasil membangun sebuah lapangan basket outdoor sebagai sarana utama dalam pengembangan olahraga bola basket bertepat di jalan Indrapura, kota Surabaya.  Selama lebih dari setengah abad, dari tahun ke tahun CLS  selalu menciptakan pemain-pemain yang terpilih dalam tim nasional Indonesia baik itu Putra maupun Putri.

Pada tahun 1990, kami mendapatkan kepercayaan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur berupa sebidang tanah dengan luas 4000 m2, untuk membangun sebuah gedung olahraga tertutup (GOR) bertaraf Internasional khusus untuk olahraga bola basket. Gedung tersebut yaitu Gedung yang kami miliki sekarang atau yang kerap di sebut dengan nama GOR Kertajaya.  Dan Gedung tersebut di resmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, yakni Bapak H. Basofi Sudirman pada tahun yang sama.

Sejak tahun 1994, tim basket kami mulai bergabung kedalam liga bola basket profesional di Indonesia (dari nama liga Kobatama sampai NBL Indonesia).  Pada tahun 2007, terjadi perombakan tim  dan masuknya manajemen baru.  Agar meringankan manajemen tim dan keuangan, kami mengundang partisipasi dari mitra kami Bapak Christopher Tanuwidjaja  dan nama dari team bola basket kami menjadi CLS Knights.

Pada tahun 2011, ketika liga profesional bola basket di Indonesia terjadi perubahan organisasi, dan nama menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia.  Pada tahun itu, CLS Knights sukses masuk ke partai puncak dan meraih gelar runner-up.  Raihan tersebut merupakan sebuah rekor baru yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya.  Dan hasil itu merupakan hadiah terindah dalam ulang tahun kami yang ke 65.

Saat ini, CLS Knights terus berupaya untuk meningkatkan prestasi demi prestasi di kancah basket profesional dan terus membantu memajukan olahraga bola basket di Indonesia.  Dan dengan kerap mengikuti berbagai turnamen di luar negeri, kami bertujuan untuk terus membuka wawasan para atlit bola basket untuk mengembangkan kemampuan mereka di level yang lebih tinggi lagi.

Selain menciptkan prestasi di dalam lapangan, Visi CLS Knights yang tak kalah penting adalah menciptakan sumber daya yang mumpuni dalam kehidupan.  Caranya adalah dengan menekankan dan memberikan sebuah pendidikan bermutu untuk para atlit.  Dengan pendidikan yang baik akan berimbas kepada manusia yang baik pula, dan lewat pendidikan juga akan menjadi pedoman kehidupan atlit di masa yang akan datang.